Banyak pemilik Yamaha Jupiter MX mengeluh; saat perpindahan gigi dari tiga ke-4 merasakan power mesin seperti ngedrop. Lalu untuk mencapai puncak gigi empat memerlukan waktu cukup lama dan panjang. “Enggak nyambung seperti yang lainnya,” kata I Wayan Nonad, warga Denpasar, pemilik Jupiter MX keluaran 2008.
Secara teknis, hal itu disebut batas kemampuan unjuk kerja mesin (power band) yang sempit. “Ah tapi gak usah khawatir. Itu bisa diatasi, kok. Caranya ganti spuyer,” bilang Windu, salah satu mekanik divisi racing dealer Yamaha Gunung Sanghyang Motor Denpasar, Bali.
Main Jet Kebahasan
Problem I Wayan Nonad mungkin dialami juga MX-mania lainnya. Pemicunya bisa dipastikan pada setingan karbu standar yang kurang pas. “Gejala itu menunjukkan kalo main jet kebasahan,” vonis Umbu (sapaan Windu) yang paham betul sama setelan karbu.
Bukannya apa-apa. Dari sononya, peranti pengabut bahan bakar MX itu dijejali pilot jet 20 dan main jet 105. “Nah, intinya, yang perlu diturunkan cukup main jetnya aja,” wanti pria umur 23 tahun ini sembari menunjuk spuyer pengganti.
Apakah itu? “Bisa pakai main jet Suzuki Satria 120R berkode 97,5. Meski tampak luarnya berdimensi sedikit lebih besar dari MX, tapi dari kodenya, main jet ini punya ukuran lubang lebih imut
gbr.
1,”
urai Umbu sembari bilang, alur dratnya sama, kok.
Hokeh.. sekarang tinggal proses pasang. Pastinya, tanggalkan dulu karburator dari dudukannya. Lalu lepaskan keempat baut mangkuk karbu menggunakan obeng kembang. Setelah itu buka main jet pakai obeng minus besar.
Berikutnya, Anda tinggal pasang main jet Satria
gbr.2.
Beres, deh. Setelah itu, rangkai lagi karbu ke posisi semula. Langkahnya, tentu sesuai kebalikan waktu tadi Anda melucutinya.
Tapi ingat, “Penggantian main jet ini menuntut penyetelan ulang karbu. Standar Jupiter MX setelan anginnya 1-5/8 putaran, setelah diganti main jet, setelan angin cukup 1 putaran aja
gbr.3,“
wanti Windu.
Bisa Tembus 125-130 Km/Jam
Mesin standar Jupiter MX diakui sudah oke. “Kalo nyetingnya pas, MX standar bisa tembus 125-130 km/jam, lo,” bilang Windu. Caranya, bila karburator sudah disetel seperti dijelaskan di atas, tahap berikutnya tinggal setel ulang klep.
“Untuk MX idealnya 0,09 (klep in) dan 0,1 (klep out),” wanti mantan pembalap road race ini. Meski begitu, pastikan filter udara bersih. “Kalo semua itu terpenuhi, konsumsi BBM juga bisa lebih irit,” jamin pria ramah ini. Wah, irit sekaligus kenceng, dong!
Penulis/Foto: Ketut
*** Diskusikan problem motor Anda di forum otomotifnet.com. Silahkan klik link berikut:
11.02.2009
Tips Gigi Empat Jupiter MX135Lc Ngedrop?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Di gigi 3 dan 4 nyendat nyendat brti masalah di apanya gan... Smua prngkt karbu ori.?
Asalamuaikum. Bro mau tanya motor jupiter mx ojmx saya udah di bor up 150cc pake vixon. Tpi karbu masih pake standar. Kalo pake MAIN JET ukuran 95 bisa gak bro. Apa kekecilan main jet nya. Terimakasah
Posting Komentar